Latest News

Modus Penipuan INDOSAT

Advertisement

Modus penipuan makin modern ya sekarang, bisa melalui fake SMS Masking dengan nama INDOSAT seolah meyakinkan pengguna provider tersebut apalagi jika sang pengguna awam tekhnologi. Namun secanggih-canggihnya penipuan tapi tetap saja bodohnya kelihatan.

 *Keberadaan SMS Masking memang sudah lama dan sangat membantu buat para pebisnis namun kasusnya berbeda jika disalah gunakan sebagai alat penipuan.

Jadi begini ceritanya...
Selang beberapa menit setelah mendapatkan sms ( seperti pada gambar) saya ditelpon seorang wanita dengan nomor berikut +62816586311

Mba Penipu : Selamat siang dengan Bapak / Ibu siapa saya berbicara.

Saya : Zackariya

Mba Penipu : Apakah benar nomor belakang Bapak 1576

Saya : Iya... Anda benar...

Mba Penipu : Selamat ya Bapak mendapatkan hadiah 10juta Rupiah dan Pulsa 1 juta dari Indosat. Syukur Alhamdulillah... Silahkan Bapak cek sms-nya kode aktivasi buat klaim hadiahnya, bisa langsung datang ke Galeri Indosat di Jakarta atau via transfer ke ATM.

Saya : ditransfer saja Mba

Mba Penipu : Ok Bapak menggunakan ATM apa, Cabang Mana dan atas nama siapa?

Saya : *sensoooooor*

Mba Penipu : Baik Bapak kira-kira berapa menit kalau ke ATM tersebut? buat aktivasi hadiahnya...

Saya : 5 menit sampai.

Mba Penipu : Ok saya tunggu ya Bapak, jangan dimatikan telponnya cukup disakuin aja dicelana, nanti jika sudah sampai di ATM bilang HALO saja. saya tunggu sapaan HALO Bapak.

*sebenarnya males, tapi ya its ok lah itung-itung sekalian mau cek refund dari Lazada udah masuk atau belum sambil nyari makan siang*

Mba Penipu : Halo Bapak, Bapak masih dirumah loh ini belum berangkat...

*NahLoh dia nyapa HALO duluan* wkwk =D

Saya : iya sebentar Mba ini sedang siap-siap.

*bebrapa menit kemudian*

Saya : HALO... HALO... HALO... Mba... sudah sampe nih saya di ATM.

Mba Penipu : iya sebentar saya alihkan ke bagian keuangan ya Pak.

*suara lelaki menyapa*
*masih dengan komplotan penipu, kong kalikongnya*

Mas Penipu : Halo Bapak, dengan Bapak siapa saya bicara... Bismillah dulu ya Pak sambil memasukkan kartu ATM-nya.

*intinya dipandu kyk ngajarin anak kecil membaca gitu, tapi ujung-ujungnya malah suruh nyebutin saldo*
*kecurigaanku semakin bertambah pemirsa*
*saya boongin saja*

Saya : saldo saya tinggal 40.000 sudah saya ambil semua kemarin.

Mas Penipu : Bapak bisa keluar sebentar dari ATM. maaf sekali Pak, bukannya apa-apa nih... Sesuai prosedur dikami saldo minimum harus 300.000 Pak... Bapak tidak akan mengeluarkan biaya sepeser pun kok... atau gini aja ada opsi lagi nih Pak, Bapak bisa ke Indomaret...

Saya : iya ini lagi di ATM Indomaret

Mas Penipu : Alhamdulillah ini benar-benar rejeki Bapak... Nanti serahakan telponnya ke kasirnya ya Pak nanti biar saya yang ngomong bilang saja ini dari saudara Bapak mau top up cash tapi belum tahu caranya... Pokoknya Bapak bilang iya iya saja jika ditanya.

*kecurigaan bertambah 100 lipat*
*aku kok digoblog i, yo ganti tak goblog i*

Saya : Mas gini ya yang namanya mau top up itu ya mengeluarkan biaya, ujung-ujungnya nanti saya juga yang kena.

Mas Penipu : Astaghfirullah Bapak jangan su'udhon ya... Bapak jangan mempersulit saya buat memberikan hadiah ini. ini amanah yang diberikan kepada saya Pak.

*nyengir*
*penipu bisa nyebut juga, biar keluar aura religiusnya yak*
wkwk =D

Saya : Ok... Ok... lalu saya harus bagaimana loh Mas?

Mas Penipu : Pokoknya ikutin saja intruksi saya tadi...

*menuju ke kasir indomaret*
*Mba bisa bantu saya, ini saudara saya pengen ngomong*

*Penipu sedang beraksi dengan kasir indomaret*
*selang beberapa menit tiba-tiba Kasir menyodorkan hp ke saya*

Kasir Indomaret : Mas matiin telponnnya, matiin.

*sengaja ga saya matikan*

Saya : iya Mba kenapa? orang tadi bilang apa?

Kasir Indomaret : ini penipuan Mas, nanti kalau orangnya telpon lagi jangan diangkat. kemarin juga ada kejadian serupa Mas, korban kena tipu belasan juta.

Saya : iya Mba dari awal saya udah tahu ini penipuan, itung-itung ngerjain si penipunya, toh dia yang keluar pulsa banyaaak. Tapi kenapa saya agak yakin karena sms-nya ini loh Mba pengirimnya dari INDOSAT, biasanya kebanyakan penipuan pengirimnya kan nomor biasa.

Kasir Indomaret : mungkin itu modus baru Mas

Saya : ok Mba terimakasih ya...

*keluar Indomaret*
*cek hp*
*eh ternyata masih tersambung dengan si penipu*

Mas Penipu : Halo Pak... Bapak tadi bilang apa ke Kasir Indomaret... Bapak kan tinggal ikutin prosedur yang saya berikan, tapi kenapa malah Bapak mempersulit saya.

*mulai naik pitam dia*


Saya : loh saya kan udah ngikutin prosedur dari Mas, tapi malah kasirnya nolak suruh matiin telponnya.

Mas Penipu : harusnya Bapak tadi diam aja bukannya ngomong yang tidak-tidak. ya udah terserah Bapak mau diklaim atau tidak ini hadiahnya. pemberian hadiahnya akan disiarkan langsung malam ini jam 21:00 live di RCTI. jadi gimana Pak mau diterima atau tidak hadiahnya?
kalau Bapak tidak percaya ini silahkan ngomong langsung ke manager saya.

*penipu terus mendesak dengan berbagai macam alibi*

Manager Penipu : Halo Bapak, maaf atas sikap bawahan saya yang agak sedikit marah, dia hanya menjalankan tugas saja. jadi bagaimana Pak apakah Bapak bisa memenuhi syarat paling tidak saldo minimum ATM Bapak 300.000

Saya : wah kalau sekarang ga bisa Mas, mau setor tunai Bank juga sudah tutup.

Manager Penipu : Bapak tadi habis dari Indomaret ya, kalau ke Alfamart sekarang bisa ga Pak?

Saya : memang kenapa? kenapa ga balik ke Indomaret tadi aja.

Manager Penipu : kalau bisa usahakan sekarang juga ya Pak ke Alfamart bilang saja mau top up T-cash nanti saya bantu Pak.

Saya : kalau disini Alfamart jauh Mas (*padahal deket*) Mas T-cash bukannya itu Telkomsel cash eh Mas saya ini pakai Indosat, bukan Telkomsel.

*langsung kagok nih penipu*

Manager Penipu : waaaaah susah nih Pak kalau jauh... bukan Pak pokoknya ya top up cash saja, nanti saya bantu, Bapak tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun.

Saya : engga ah Mas, Alfamart jauh dari sini.

Manager Penipu : ya sudah Pak kira-kira kalau saya beri waktu buat mengisi saldo ATM Bapak minimum 300.000 apakah Bapak bersedia?

Saya : ok, saya usahakan ya buat minta bantuan ke teman saya.

Manager Penipu : kira-kira sampai jam berapa Bapak sudah bersedia?

Saya : kurang lebih jam 17:00

Manager Penipu : ok, baiklah Pak nanti saya hubungi kembali ya Pak. terimakasih selamat sore.


*dan sampai detik ini si penipu sudah tidak menelpon lagi*
usahanya gagal son wkwkwk =D

Jadi jangan buru-buru percaya jika mendapat sms / telpon berhadiah yang mengatas namakan salah provider manapun apalagi di era digital yang canggih ini penipu juga semakin pintar menggencarkan aksinya dengan memalsukan nama provider, jelas ini memang sangat meyakinkan sang korban.

Intinya cari tahu dulu sumbernya, jika dirasa mencurigakan sudah pasti itu modus penipuan. memang sang penipu terus gencar menembakkan berbagai macam sugestinya sampai-sampai tidak memberikan kita ruang untuk berpikir jernih dan mencari tahu sumber ini percaya atau tidak.

Jikalau memang benar-benar mendapatkan hadiah ya tinggal dikasihkan saja lak guampang to, bukannya dipersulit bin bingung yang disuruh ke ATM lah, ke Indomaret lah, ke Alfamart lah bla bla bla.

Dan setelah saya tanyakan langsung ke Call Center Indosat ternyata benar penipuan. katanya saat ini sedang tidak ada event apapun seputar hadiah dan jikalau memang benar-benar mendapatkan hadiah resmi dari indosat yang nelpon itu indosat dan disuruh datang langsung ke galeri indosat.

nek ws ngeneiki malih sakno penipu ne wkwk =D

Advertisement

0 Response to "Modus Penipuan INDOSAT"